kewirausahaan

Bab I
Pendahuluan
1.1.Latar Belakang

Pada zaman sekarang ini banyak sekali mahasisiwa yang masih berpikiran sempit tentang memilih pekerjaan mereka semua hanya melirik satu pekerjaan saja yaitu melamar menjadi pekerja pada hal diluar sana sudah banyk menunggu mereka untuk berkreatif,menunggu mereka untuk membuka pekerjaan bagi masyarakat.Jadi mereka diharapkan dapat membuka pekerjaan yang dapat menyerap tenaga kerja serta member pajak yang lebih pada Negara sehingga mengurangi APBN Negara.

Banyak sekali sekolah-sekolah khususnya perguruan tinggi yang mengajarkan tentang mata kuliah kewirausahaan,tetapi tidak banyaqk yang berusaha mengaplikasikan.Untuk itu mata kuliah kewirausahaan ini yang diajarkan pada jurusan sosiologi dan antropologi ini dikemas tidak hanya berisis teori saja tetapi diajarkan praktiknya mulai dari segi yang paling kecil dulu.Misalnya yang sudah saya dan teman-teman saya lakukan.

Kegiatan ini yang akan saya buat laporan adalah kegiatan yang bersifat perdagangan atau kegiatan belajar wirausaha,khususnya yaitu kegiatan dalam penjualan kaos dari fakultas.Disini yang melatar belakangi saya dalam mengikuti ajang menjualkan kaos adalah dorongan dari bapak dan ibu dosen yang memberikan tugas ini sebagai tugas mid semester yang dimana konsekuensi tugas ini adalah harus bisa menjualkan kaos yang ada difakultas dengan praktik dan cara-cara berwirausaha yang telah dipaparkan beberapa pertemuan kemarin.

Selain itu juga ini merupaka tugas penerapan bagoi kuliah kewirausahaan yang tidak hanya kita kenal dengan teori saja tetapi praktik,karena adanya dorongan dari bapak dan ibu dosen yang memberikan arahan dan memberikan point tambahan bagi mereka yang menjualkan kaos maka saya merasa tertarik untuk terus mempromosikan dan menjualkan kaos,selain itu juga saya juga ingin mengasah lagi kemampuan dalam bidang berdagang saya.

1.2.Tujuan

Tujuan dari kegiatan ini adalah kegiatan ini selain bertujuan untuk pengganti tugas mid semester ada tujuan lain yang ada deprogram ini yaitu sebagai ajang penumbuhan mental bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini yaitu kita tahu sendiri bahwa seorang wirausaha ini harus memiliki sifat yang berani,jujur,teliti,tidak pantang menyerah dan yang paling penting berani menanggung resiko.

Kita tahu sendiri bahwa seorang wirausaha harus memiliki mental baja yang dimana dia harus mampu berani menampilkan produk yang akan dijual produk apa saja dan dalam bentuk apa saja,maka dari itu sifat keberanian dan mental baja ini sangat dibutuhkan ini dikarenakan pasti kelak ada konsumen yang mencaci barang atau dagangan yang kita jual,walupun wujud barang kita rasa baik dan pantas dipasarkanpun akan tetap dicaci,sifat tidak pantang menyerah ini juga termasuk sikap yang penting walaupun banyak orang yang menolak produk yang kita tawarkan tetapi kita harus tidak putus asa dan tidak mau menjual lagi tetapi kita juga harus tetap berusaha mencari konsumen lain,yang banyak diluar sana.


BAB II
Pembahasan

2.1. Proses Penjualan
Dalam penjualan kaos yang sudah disiapkan oleh fakultas ini terdapat prosesnya pertama dalam satu rombel ini dibagi menjadi kelompok-kelompok dalam stu kelompok ini terdapat 7orang.
Setelah itu dalam kelompok itu ditunjuk sebagai penanggung jawab,yang dimana mereka membagi kaos dan mengkoordinasikan kelompoknya,setelah itu setiap oang dibagikan satu orang satu kaos untuk bisa menjual kaos itu dalam bentuk kelompok maupun dalam bentuk individu.
Pada penjualan ini jujur saja saya menggunakan cara penjualan dengan cara individu,yang saya lakukan hamper setiap bertemu dengan teman saya atau sesama fakultas,ajang promosi saya ini tidak tentu saat saya menjualkan.
Target yang pertama saya tawari adalah teman-teman yang ada dikos saya yang kebanyakan mahasiswa yang satu fakultas dengan saya,
Pertama saya mempromosikan apabila  mereka masih meragukan produk saya maka akan saya beri penjelasan lain karena kebanyakan mereka ada yang jadi anggota BEM KM,anggota KSR,serta anggota pramuka.dan ini saya menyarankan ini akan menunujukan identitas kamu kalo kamu merupakan salah satu anggota dari fakultas ilmu social dan dapat memberikan kamu rasa cinta dan bangga terhadap fakultas kamu,.selain itu juga baju ini tidak dijual umum yang disemua tempat ada ini merupakan baju special yang hanya diproduksi oleh fakultas,dan memiliki logo UNNES dan tulisan FIS SMART.
Tetapi sangat disayangkan sekali mereka masih tidak tertarik lagi untuk mau membeli akhirnya saya berusaha untuk sms teman saya yang dari geografi setelah itu saya berkunjung dikosnya saya menggunakan cara yang sama masih sama belum menghasilakn apa-apa malah cemoohan yang saya dapat,kemudian saya tawarkan pada teman laki-laki yang ada dijurusan lain saya kekosnya juga sama masih belum menghasilkan apa-apa.
Kemudian saya berfikiruntuk menjual kepada kakak kelas yang sudah lulus yaitu dia sudah mulai mengajar saya hubungi lagi dan dia bilang saya mau membelinya tetapi setelah itu kamu yang pakai saja,dalam hati saya yang bingung,ini beneran atau tidak,kemudian saya mendatangi kerumah salah satu kakak kelas saya yang pada moment lebaran kemarin mereka pulang kerumah.Dan ini merupakan moment saya dan ini juga saya tawarkan lagi ini juga sama mereka menolak akhirnya saya bingung sampai pulang kampong pun hingga langsung kerumahnya.Akhirnya saya langsung menemui konsumen saya yang sudah mau itu dan membawa kaosnya yang terjadi malah dia menolak membeli kaos itu,karena uda terlanjur saya kesana jadi,saya menggunakan alternative pembayaran yaitu dengan cara kredit dibayar empat kali setiap minggu nya dua kali pembayaran.Dan akhirnya terjuallah kaos itu dengan cara pembayaran kredit.

2.1. Hambatan-hambatan yang ditemui
Hambatan yang saya temui banyak sekali yaitu kendala dari produk yang saya bawa sendiri,yang produk ini memiliki karakteristik penjualan yang sangat sempit sekali yaitu hanya dalam lingkup FIS saja sehingga kita dalam mencari costomer itu sangat sulit,serta kendala lain produk ini terlihat hanya bisa dipakai pada satu kesempatan saja yaitu pada saat senam dan kuarng pantas bila dipakai untuk jalan-jalan pada padahal mahasisiwa bila memelih baju atau membeli baju ini harus multi fungsi yang bisa dipakai kuliah dan cocok dipakai jalan,
Tidak heran kalau ada salah satu yang saya tawari ini bilang tidak bisa dipakai di moll,dan ada anak yang dari fakultas lain melihat bilang aduh ada logo FIS jadi anak-aanak FIS aja ynag bisa membeli jadi produk ini sifatnya belum universal,selain itujuga ukuran yang diberiakan relative kurang variasi dan tidak mencukupi kebutuhan konsumen yang terdiri dari berbagai ukuran.
Kendala yang saya temui yang berasal dari diri saya adalah saya kurang bisa mengeksplor diri saya terutama dalam bidang pemasaran,selain itu agak putus asa ketika dicemooh dan sedikit terpancing emisi bila produk dihina.Untuk itu dengan cara ini saya berharap akan mengerti ini rasanya jadi seorang pedagang dan melatih kesabarn dalam pemberian kritikan orang lain terhadap saya pribadi dan produk yang saya beli.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Three Cute Cherries