Contoh Khasus mobilitas sosial vertikal naik

  SK:Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial KD:Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial
   Materi:Membahas tentang contoh realita dari mobilitas sosial vertikal naik.


Wong Ndeso yang Selangkah Lebih Maju

            Sejak kecil,pria yang bernama asli Tukul Riyanto ini memang senang menghibur lewat lawakan.Bakatnya untuk melucu dan keinginan besarnya untuk bertahan pada jenis hiburan lawakan memang sudah dia mulai sejak muda.Bahkan Tukul yang kala itu masih duduk di bangku sekolah dasar,sudah sering mengikuti perlombaan lawak hingga ke tingkat nasional.

              Pada tahun 1992,lelaki asli Semarang ini hijrah ke Jakarta mengikuti ajakan temanya dan bertemu dengan Susiana,istri tercinta.Jalan hidup Tukul tak mulus.Ia sempat menjadi supir untuk menafkahi istri dan anak-anaknya.Perkenalan Tukul dengan rekan sesame pelawak seperti bagito,Patrio,Ulfa dan lain di radio humor SK menjadi kunci menuju gerbang kesuksesannya.
Sosok yang jago melawak sejak SD ini menuai kesuksesan ketika membawa talk show disalah satu stasiun televise terkemuka di Indonesi.Tawaran berdatangan dan Tukul Arwana pun juga sukses sebagai pelawak dan bintang iklan.Bahkan membawanya acara yang fenomena dan masuk sebagai pembawa acara dengan bayaran tingginya di Indonesia.
            Karir Tukul Arwana di dunia hiburan makin melesat dan wajahnya pun semakin sering tampil di layar kaca.Tidak hanya terkenal di negeri sendiri,kepopuleran acara talkshow yang dibawakannya tersebar hingga Negeri Jiran.
          Masyarakat Malaysia pun turut terhibur dengan gayanya yang kocak saat membawakan acara.
Memang,dulu Tukul Arwana buta teknologi dan terlihat katrok dan canggung ketika harus”kembali ke laptop!”Untung sekarang tidak lagi ,karena Tukul sudah bias memanfaatkan gadgetnya untuk browsing lebih dalam mengenainya topic acaranya,setiap saat dimana saja.
             Kesuksesan yang diraih Tukul dengan cucuran keringat telah memperbaiki hidunya yang pada awalnya serba kekurangan.Itu membuktikan bahwa asal berusaha.Tukul contohnya.
Fakta ini merupakan contoh dari mobilitas vertikal keatas yang ditandai adanya perubahan yang terjadi pada kehidupan Tukul.

Dikutip dari Koran Suara Merdeka Jumat,28 Oktober 2011

0 komentar:

Posting Komentar

 
Three Cute Cherries